Ini Warung Kopi Paling Legendaris di Tulungagung

Advertisemen
detikTravel Community - Liburan ke Tulungagung, kamu harus sempatkan waktu buat ngopi di warung paling legendaris di sana. Inilah Warung Kopi Waris yang tidak pernah sepi pengunjung.

Mungkin bagi yang pertama kali membaca judulnya, akan langsung bertanya-tanya. Kopi Waris itu jenis kopi apa ya? Biji kopi yang seperti apa kah? Bagaimana rasanya? dan lain-lain.




Sebenarnya, Waris adalah nama pemilik warung kopi legendaris yang berada di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Warung ini sepengetahuan saya tidak pernah sepi setiap hari (sepi hanya pas malam idul Fitri dikarenakan tutup).

Apa sih yang membuat banyak orang tertarik? Sudah pasti secangkir kopinya yang menurut lidah saya terasa lembut dan gurih (saya bukan cupper, jadi tidak menggunakan istilah cupper untuk rasa kopi).

Kopi di sini hanya disajikan dengan 2 varian dengan bubuk kopi yang sama, yakni Kopi tubruk dengan gula, atau kopi susu yang hanya dibedakan cara penyajiannya yaitu dengan menggunakan gelas cangkir atau gelas kaca.

Harganya pun sangat murah, hanya sekitar Rp 1.500,00 per gelasnya. Selain harga dan rasa, warna kopi ini memang sangat berbeda dengan kopi lainnya. Kopi akan terlihat berwarna hijau dan ampas kopi (lethek) biasa digunakan oleh perokok untuk cethe.

Cethe merupakan budaya menghias sebatang rokok menggunakan ampas kopi. Hal ini membuat rasa sebatang rokok menjadi lebih gurih walaupun tarikanya agak berat (ya jelas, lha wong jadi basah). Kopi dengan tekstur dan rasa seperti inilah yang menjadi pembeda dan nilai tambah untuk kopi Waris legendaris ini. 

Warung ini tidak seperti cafe kopi yang menjamur sekarang di kota-kota besar. Tidak seperti cafe yang menjadikan spot-spot foto yang 'instagramable' sebagai daya tarik dalam menarik konsumennya. Justru kesederhanaan inilah yang membuat banyak orang berkumpul membahas apapun yang menarik untuk dibicarakan.

Hanya ada meja dan bangku panjang untuk konsumen bercengkerama. Sejenak kita bisa melupakan kesibukan yang menyita pikiran pada saat siang hari dan bisa tertawa ataupun membicarakan hal-hal ringan bersama kawan dengan menghirup aroma dan rasa kopi ijo Waris yang legendaris.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments

Disqus Shortname

Comments system